BPPP Ambon Breaking News
Home » Outcome Pelatihan » Berkat Bimbingan BPPP Ambon Usaha Saya Bertumbuh dari Waktu ke Waktu

Berkat Bimbingan BPPP Ambon Usaha Saya Bertumbuh dari Waktu ke Waktu

Mobil Box Outlet Berjalan Sentani Foi Saya Evisi Omista (37), saya asli Palembang yang lahir 14 Mei tahun 1976. Saya dan keluarga tinggal di Sentani Kota Kabupaten Jayapura Papua. Saya berada di Papua sejak tahun 1994. Sejak saat itu saya sudah beberapakali berganti profesi di antaranya pernah menjadi Wakil Kepala Cabang Bank BPR Irian Sentosa. Dari profesi perbankan itu kemudian saya banting stir ke dunia usaha karena melihat peluang di dunia usaha. Saya memulai dengan membuka usaha makanan berupa mpek-mpek (khas Palembang). Saya mulai menggeluti usaha mpek-mpek di Sentani tepatnya tahun 2008. Pada tahun yang sama saya mencoba olahan baru yaitu kerupuk ikan berbahan dasar ikan Gastor (Gabus Toraja) yang banyak terdapat di Danau Sentani Papua.

Tahun 2011 saya mendapat Pelatihan Diversifikasi Pengolahan Ikan yang dilaksanakan oleh BPPP Ambon. Sejak melewati pelatihan itu usaha saya berkembang. Saya kemudian membentuk Poklahsar (kelompok pengolah dan pemasar) yang saya beri nama Sentani Foi. Melalui bimbingan dan arahan BPPP Ambon 1 thn kemudian tepatnya oktober 2012 Poklahsar Sentani Foi dianggap memenuhi kriteria dan layak sehingga dikukuhkan menjadi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) atas usulan ibu Fiona Nikjuluw (instruktur BPPPAmbon). Sejak dikukukan menjadi P2MKP melalui SK Kepala BPSDM KP, Sentani Foi dibawah kepemimpinan saya, mulai melatih masyarakat Senatni, tepatnya sejak akhir 2012. Pada saat itu juga produk olahan saya  mulai di terima dipasarkan di swalayan dan hypermarket di Kota Sentani. Waktu terus berjalan dan meskipun dengan tertatih-tatih, grafik pertumbuhan omzet Senatni Foi cenderung terus meningkat. Di sisi lain Sentani Foi yang sudah menjadi P2MKP berhasil melangsungkan pelatihan sebanyak 23 angkatan dalam 2 tahun (akhir 2012 sampai akhir 2014).

Pameran Sentani FoiPertumbuhan terus meningkat di Sentani Foi. Disebabkan karena adanya purnawidya hasil pelatihan P2MKP maka Sentani Foi dilirik oleh lembaga selain BPSDM KP, sehingga oleh Dinas Perindustian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Jayapura, Sentani Foi dijadikan sebagai UMKM. Selanjutnya direncanakan Sentani Foi akan memiliki Koperasi untuk memodali purnawidya atau menjadi penyedia bahan baku olahan hasil perikanan bagi purnawidya yg kekurangan modal usaha, sekaligus menjadi pengumpul dan pemasar hasil olahan purnawidya P2MKP Sentani Foi.

Banyak prestasi yang telah saya dengan Sentani Foi raih. Prestasi awal saya adalah menjadi juara III Lomba UKM tingkat provinsi papua, tahun 2011. Selanjutnya saya dengan Sentani Foi menjadi juara III Temu Karya di acara Pekan Daerah atau PEDA Merauke tahun 2012. Tahun berikutnya saya meraih  juara I pada Lomba Gempita Regional VI di Ternate tahun 2013. Pada tahun yang sama saya meraih juara terbaik I Lomba Gempita Nasional tahun 2013 di Jakarta. Semua prestasi itu saya dengan Sentani Foi bisa raih berkat adanya hubungan dengan BPPP Ambon, sebagai pembina dan saya merupakan lulusan pelatihan BPPP Ambon.

Sekarang saya dengan Sentani Foi memiliki outlet berjalan yang berada di jalan bandara Sentani berupa motor box untuk outlet berlogo P2MKP dan KKP. Outlet berjalan ini muncul didasari oleh adanya kendala pemasaran. Pada Outlet berjalan ini kami memasarkan oleh-oleh dari Sentani berupa kerupuk, amplang, telur gabus, abon, dan berbagai jenis olahan yang semuanya berbahan dasar ikan gabus Danau Sentani. Harga produk berkisar Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000.

Saat ini Sentani Foi juga diundang melakukan pameran oleh Pemda Distrik Sentani, untuk diketahui bahwa selama ini belum ada usaha yang mendapat undangan tampil seperti itu. Pada pameran tersebut Sentani Foi akan menampilkan P2MKP dan olahan2 P2MKP. Sentani Foi juga mendapat perhatian dari PNPM Mandiri, dimana tanggal 14 Oktober direncanakan akan melatih dengan menggunakan dana PNPM Mandiri dengan target pelatihan 3 angkatan (@10 orang) yang berasal dari Waena Kampung Kotamadya Jayapura.

Demikianlah capaian yang berhasil saya raih sampai saat ini yang kesemuanya tidak terlepas dari peran BPPP Ambon yang telah melatih saya melalui pelatihan Pengolahan Ikan dan membina saya melalui P2MKP Sentani Foi. Tulisan ini juga sengaja saya buat untuk bisa berbagi dengan masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan pelatihan serta usaha yang sungguh-sungguh dan pantang menyerah dalam berwirausaha dan menerapkan pengetahuan dari pelatihan yng kita peroleh dari lembaga pelatihan seperti BPPP Ambon. Untuk informasi lebih lanjut saya bisa dihubungi melalui:

 

Email : [email protected]Evisi Omista

FB : Amanah Pria Bangkit

HP : 085255987551

One comment

  1. sentanifoi@gmail.com'

    Jika sudah dibandara Sentani, jangan lupa mampir di outlet sederhana kami…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *