BPPP Ambon Breaking News
Home » Profil Tahun 2015

Profil Tahun 2015

KATA PENGANTAR

Kepala BPPP Ambon
Mathius Tiku, S.Pi.,M.Si (Kepala BPPP Ambon)

Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya buku Profil Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon ini dapat diselesaikan dengan baik. Buku ini merupakan gambaran detail  tentang Visi, Misi, Tugas Pokok dan Fungsi Balai Pendidikan dan Pelatihan (BPPP) Ambon serta jenis pelatihan yang dapat dilaksanakan, maupun jenis sertifikat kompetensi yang dikeluarkan.

Akhirnya kami sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan masukan dan sumbangan pemikiran dalam penyusunan profil Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon ini. Kami menyadari bahwa Profil Balai ini belum sempurna, oleh karena itu kami tetap mengharapkan masukan dan sumbangan pemikiran untuk perbaikan dan penyempurnaannya. Semoga profil ini dapat dimanfaatkan dalam pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan, khususnya yang berada di wilayah kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon.

 

1. PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Memasuki Pembangunan Jangka Panjang II dan Millenium Baru, pembangunan ekonomi lebih difokuskan pada sumberdaya alam termasuk didalamnya sumberdaya kelautan dan perikanan. Sektor Kelautan dan Perikanan memiliki keunggulan komparatif yang berpotensi menjadi keunggulan kompetitif yang dapat menggerakkan perekonomian nasional.
Alasan utama pembangunan ekonomi nasional mulai berorientasi pada sektor kelautan dan perikanan antara lain Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah lebih dari 17.000 pulau, panjang garis pantai 95.181 km (terpanjang kedua di dunia setelah Kanada) dan 63% (3,1 juta km²) merupakan perairan teritorial yang memiliki potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal, ditambah lagi dengan luas Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia seluas 2,7 juta km² yang memiliki potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar dan belum sepenuhnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan bangsa.
Visi Pembangunan Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah “Pembangunan Kelautan dan Perikanan yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Sedangkan Misi-nya adalah 1. “Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan”. 2. “Meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk kelautan dan perikanan”. 3. “Memelihara daya dukung dan kualitas lingkungan sumberdaya kelautan dan perikanan”. Dari Visi dan Misi Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut diimplementasikan dalam Fokus Pembangunan Kelautan dan Perikanan yakni ‘Industrialisasi Perikanan berbasis Blue Economy untuk Kesejahteraan Rakyat’ dengan empat pilar : 1. Inovatif. 2. Zero waste (nir limbah). 3. Membuka banyak lapangan kerja untuk orang miskin. Dan 4. Efisien dalam menggunakan sumberdaya. Blue Economy kemudian diterapkan dengan lima prinsip : 1. Terintegrasi. 2. Berbasis kawasan. 3. System produksi bersih. 4. Investasi kreatif dan inovatif, dan. 5. Berkelanjutan.
Upaya peningkatan produksi perikanan nasional ini ditempuh sejalan dengan upaya industrialisasi perikanan yang dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku usaha sektor perikanan, terutama nelayan dan pembudidaya ikan. Industrialisasi perikanan dilakukan dengan membenahi sektor hulu hingga hilir diantaranya melalui peningkatan SDM (modernisasi) nelayan dan pembudidaya ikan. Program industrialisasi ini diharapkan mampu menciptakan mata rantai industry perikanan nasional yang kuat dan berdaya saing tinggi dengan tetap memperhatikan keberlanjutan sumberdaya yang dikelola.
Untuk mencapai Visi dan Misi Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut tentu perlu dilakukan berbagai upaya dan salah satu di antaranya adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan maupun para pelaku utama di sektor kelautan dan perikanan yang meliputi nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar hasil perikanan.

1.2. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud penyusunan Profil Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat kelautan dan perikanan baik para aparatur maupun pelaku di sektor kelautan dan perikanan tentang tugas dan fungsi Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon dalam mendukung tercapainya Visi dan Misi Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Tujuannya agar masyarakat kelautan dan perikanan baik para aparatur maupun pelaku di sektor kelautan dan perikanan mengetahui tentang tugas dan fungsi Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon dalam mendukung Visi dan Misi Kementerian Kelautan dan Perikanan, sehingga dapat memanfaatkan untuk kegiatan pendidikan, pelatihan maupun untuk pengembangan masyarakat secara umum serta masyarakat kelautan dan perikanan pada khususnya.

22
Wilayah kerja BPPP Ambon di 5 Provinsi (Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan Sulawesi Tenggara

2. VISI, MISI, TUGAS POKOK DAN FUNGSI

2.1. VISI : “ Menghasilkan SDM terlatih di wilayah kerja Balai untuk
mendukung Pembangunan Kelautan dan Perikanan Indonesia yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

2.2. MISI : “ Menghasilkan SDM terlatih di wilayah kerja Balai yang
mampu mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya KP mampu meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk KP serta mampu memelihara daya dukung dan kualitas lingkungan sumber daya KP”.

2.3. TUGAS : “ Menyelenggarakan pembinaan dan pelatihan Teknis dan
manajerial di bidang usaha perikanan”.

2.4. FUNGSI :

  1. Perencanaan kegiatan pelatihan,
  2. Pelatihan teknis dan manajerial di bidang perikanan,
  3. Penyusunan materi, metodologi dan penyelenggaraan penyuluhan sesuai dengan kondisi wilayah,
  4. Pemantauan kebutuhan pembentukan jaringan pengembangan tenaga kerja teknis dan manajerial di bidang perikanan,
  5. Pengelolaan sarana pelatihan,
  6. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

3. LINGKUP KEGIATAN / PELAYANAN

3.1. Pelatihan Aparatur

Sesuai tupoksi dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon, maka Balai Pendidikan dan pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon memberikan pelatihan-pelatihan bagi Aparatur yang meliputi :
1. Diklat Prajabatan Golongan II dan III
2. Diklat bagi Penyuluh (Diklat Dasar, Kewirausahaan, Konservasi)
3. Pelatihan Teknis di bidang perikanan (Perikanan Tangkap, Permesinan, Budidaya Perikanan, Pengolahan Hasil Perikanan dan Pemasaran Hasil Perikanan, serta Diklat Konservasi)

Kegiatan2
Pelatihan Aparatur

3.2. Pelatihan Non Aparatur (masyarakat)

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampi- lan bagi pelaku utama di sektor kelautan dan perikanan (nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan) maupun masyarakat pada umumnya, Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon dapat memberikan pelatihan bagi masyarakat yang meliputi :

1. Pelatihan di bidang perikanan tangkap :

  1. Teknik penangkapan ikan dengan alat tangkap : purse seine (jaring lingkar), Gillnet (jaring insang), hand line (pancing tangan), tuna long line (rawai), dan rawai dasar.
  2. Penentuan posisi kapal dan daerah penangkapan ikan dengan alat GPS (geographical position system)
  3. Teknik pembuatan alat tangkap ikan,
  4. Teknik perawatan kapal penangkap ikan,
  5. Teknik perawatan alat tangkap ikan,
  6. Teknik penanganan ikan di atas kapal,
Pelatihan di bidang permesinan perikanan
Pelatihan di bidang permesinan perikanan

2. Pelatihan di bidang permesinan perikanan

  1. Perawatan mesin kapal ikan
  2. Instalasi mesin pendingin
  3. Perawatan mesin pendingin
  4. Pengelasan
  5. Pembubutan

 

 

Pelatihan di bidang pengolahan hasil perikanan
Pelatihan di bidang pengolahan hasil perikanan


3. Pelatihan di bidang pengolahan hasil perikanan

  1. Pengolahan tradisional : pembuatan ikan asar.
  2. Pengolahan modern : surimi, bakso ikan, nugget ikan, kaki naga, fish finger, sosis ikan, es rumput laut, manisan rumput laut, dan dodol rumput laut.

 

Pelatihan di bidang Budidaya Perikanan
Pelatihan di bidang Budidaya Perikanan

4. Pelatihan di bidang Budidaya Perikanan

  1. Budidaya Ikan Dalam Karamba Jaring Apung (KJA)
  2. Teknik Pembenihan Ikan
  3. Teknik Pembesaran Ikan
  4. Manajemen Pengendalian Hama Penyakit Ikan,
  5. Manajemen Pemberian Pakan,
  6. Manajemen/Pengelolaan Kualitas Air,
  7. Panen dan Pasca Panen,
  8. Budidaya Rumput Laut,

 

5. Pelatihan P2MKP (Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP merupakan mitra BPSDM KP dalam melakukan pelatihan bagi masyarakat di bawah bimbingan BPPP Ambon). P2MKP binaan BPPP Ambon sampai Maret 2014 sebanyak 12 P2MKP yaitu:

Pelatihan P2MKP (Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan
Pelatihan P2MKP (Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan
  1. P2MKP Sumber Rezeki Ambon (Kerajinan Kulit Kerang)
  2. P2MKP Sweet Hatukau Ambon (Kerajinan Kulit Kerang)
  3. P2MKP Fajar Ambon (Diversifikasi Olahan Ikan)
  4. P2MKP Sentani Foi Sentani (Kerupuk dan Olahan Ikan)
  5. P2MKP Ikeni Stressno Karamba (Budidaya Ikan)
  6. P2MKP Wanita Pesisir Kendari (Aneka Olahan Ikan)
  7. P2MKP Nila Kendari (Budidaya Ikan)
  8. P2MKP Usaha Nelayan Pesisir Wakatobi (Penanganan Ikan)
  9. P2MKP Santo Alvin Pratama Ternate (Penanganan Tuna dan Fresh Loin)
  10. P2MKP Marine Center Saro Tobelo (Pembenihan dan Pembesaran ikan)
  11. P2MKP Sari Laha (Kecap ikan dan abon ikan)
  12. P2MKP Piyuma Setia Mandiri Wakatobi (Penanganan Ikan)

3.3. Sertifikasi Kompetensi

Sertifikat Kompetensi merupakan bentuk pengakuan secara formal terhadap kompetensi kerja baik yang bersifat nasional maupun internasional yang dikuasai oleh lulusan pendidikan dan pelatihan atau tenaga kerja yang berpengalaman. Standar kompetensi mencerminkan kemampuan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan dukungan sikap kerja.
Sertifikasi KompetensiSertifikat kompetensi tersebut diterbitkan oleh lembaga sertifikasi, asosiasi profesi, perusahaan/ industri, lembaga diklat yang memiliki kredibilitas dalam bidangnya, atau lembaga diklat yang diberi wewenang oleh lembaga sertifikasi.
Sertifikat Kompetensi di bidang kelautan dan perikanan diberikan kepada tenaga kerja yang didapat melalui proses uji kompetensi sesuai dengan jenjang jabatan profesi, dilaksanakan Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP).

 

Kegiatan2

Dalam rangka memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat dan berdasarkan hasil verifikasi dari Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kelautan dan Perikanan tanggal 17 Mei 2010, maka Balai Diklat Perikanan Ambon telah memenuhi syarat sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) sesuai dengan Surat Keputusan Direktur LSP Kelautan dan Perikanan Nomor : 024/Kpts/LSP-KP/V/2010, tanggal 17 Mei 2010 tentang Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon. Berdasarkan hasil verfikasi tersebut, Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon dapat melaksanakan Uji Kompetensi dibidang : 1. Keahlian Penangkapan Ikan, 2. Pengolahan Hasil Perikanan dan 3. Penyuluh Perikanan (Sertifikat LSP-KP Nomor : 082/LSP-KP/XII/2010 Tanggal 10 Desember 2010).
BPPP Ambon juga ditunjuk menjadi tempat pelaksanaan Lomba Keterampilan siswa SMK Kelautan dan Perikanan se kota Ambon dan se Provinsi Maluku setiap tahun, yang menjadi ajang seleksi untuk lomba tingkat nasional.
Adapun jenis-jenis sertifikat kompetensi lain yang dapat diberikan oleh BPPP Ambon meliputi :

3.3.1. Sertifikat Keahlian
Sertifikat keahlian pelaut kapal penangkap ikan adalah sertifikat kompetensi yang merupakan pengakuan terhadap kompetensi untuk melakukan pekerjaan pelaut kapal penangkap ikan setelah lulus ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh Dewan Penguji Keahlian Pelaut (DPKP) untuk semua jenjang pendidikan dan pelatihan pelaut kapal penangkap ikan, diantaranya :

  1. Sertifikat Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan Tingkat III,
  2. Sertifikat Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan Tingkat III.
    Hal ini dikuatkan oleh SK. Dirjen Perhubungan Laut Nomor : UM.008/I/20/DJPL.12 Tanggal 16 Januari 2012

3.3.2. Sertifikat Keterampilan
Adalah pengakuan terhadap keterampilan untuk melakukan pekerjaan tertentu di kapal penangkap ikan setelah lulus ujian keterampilan yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) keahlian pelaut kapal penangkap ikan atau unit Diklat kepelautan perikanan lainnnya yang ter-akreditasi, diantaranya :

  1. Sertifikat Keselamatan Dasar Keselamatan Pelaut (Basic Safety Training / BST Certificate)
  2. Sertifikat Keselamatan Dasar Pelaut Kapal Penangkap Ikan (Basic Safety Training for All Fishing Vessel Personnel / BST-F Certificate)
  3. Sertifikat Lanjutan Penanggulangan Kebakaran (Advance Fire Fighting Certificate).
  4. Sertifikat Kompetensi Penangkapan Ikan Dengan Alat Tangkap Tuna Long Line,
  5. Sertifikat Kompetensi Penangkapan Ikan Dengan Alat Tangkap Purse Seine,
  6. Sertifikat Kompetensi Penangkapan Ikan Dengan Alat Tangkap Gillnet (Jaring Insang)

3.3.3. Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang Sertifikat Keterampilan Khusus Penangkap Ikan, terdiri atas :

  1. Sertifikat Dasar Penggunaan Alat Penangkap Ikan (Basic Fishing Gear and Fishing Method) adopsi dari ILO Fishing Sector dan STCW-F 1995;
  2. Sertifikat Penanganan Ikan Di Atas Kapal Penangkap Ikan (PerMen KP Nomor : PER.01/MEN/2007 tentang Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil).
  3. Sertifikat Pemantau Kapal Penangkapan Ikan dan Kapal Pengangkut Ikan atau Observer (Permen KP Nomor : PER.1/MEN/2013 tentang Pemantau Kapal Penangkap Ikan dan Kapal Pengangkut Ikan).

3.3.4. Sertifikat Kompetensi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan
Sertifikat Kompetensi pada sub sektor Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) antara lain :

  1. Sertifikat Pengolah Hasil Perikanan

3.3.4. Sertifikat Kompetensi Teknologi Budidaya PerikananSertifikat Kompetensi Teknologi Budidaya Perikanan
Sertifikat kompetensi pada sub sektor teknologi budidaya perikanan diantaranya :

  1. Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB)
  2. Cara Pembenihan Ikan Yang Baik (CPIB)
  3. Manajemen Pengendali Mutu Pembenihan (MPM)

Setiap Uji Kompetensi yang sudah dilaksanakan dan lulus Uji Kompetensi akan diberikan Sertifikat Kompetensi yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

 

4. SARANA DAN PRASANA YANG DIMILIKI

Kantor Utama
Kantor Utama
Ruang Aula Kapasitas 250 Orang
Ruang Aula Kapasitas 250 Orang

 

 

Ruang Serbaguna (Kapasitas 50 Orang) dan Ruang Kelas
Ruang Serbaguna (Kapasitas 50 Orang) dan Ruang Kelas
Perpustakaan
Perpustakaan

 

Ruang Akomodasi (Asrama 40 kamar Kapasitas 120 orang)

Ruang Akomodasi (Asrama 40 kamar Kapasitas 120 orang)

Dapur dan Ruang Makan
Dapur dan Ruang Makan

 

Kapal Latih (Purse Seiner): KM. Cahaya Marthafons (18 GT)
Kapal Latih (Purse Seiner): KM. Cahaya Marthafons (18 GT)
Workshop Navigasi
Workshop Navigasi

 

Workshop Permesinan
Workshop Permesinan
Workshop Pengolahan Hasil Perikanan (PHP)
Workshop Pengolahan Hasil Perikanan (PHP)
Mobil Pengolahan Ikan
Mobil Pengolahan Ikan
BST (Basic Safety Training)
BST (Basic Safety Training)
Signage dan Halaman yang Asri
Signage dan Halaman yang Asri
Keramba Jaring Apung (KJA)
Keramba Jaring Apung (KJA)
Hatcery
Hatcery
Teaching Factory
Teaching Factory

 

5. SUMBER DAYA MANUSIA
Dalam rangka mendukung kegiatan institusi yang handal dan dapat dibanggakan, maka Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dan sesuai dengan kompetensinya. Pegawai yang ada pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon berjumlah 66 orang dengan latar belakang pendidikan sebagai berikut :
Keadaan Pegawai Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon Tahun 2014.

No.  Nama Pegawai Pendidikan Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31.
32.
33.
34.
35.
36.
37.
38.
39.
40.
41.
42.
43.
44.
45.
46.
47.
48.
49.
50.
51.
52.
53.
54.
55.
56.
57.
58.
59.
60.
61.
62.
63.
64.
65.
66.
Mathius Tiku, S.Pi, M.Si
Tedjasari Mahedar, S.Sos
F.B. Louhenapessy, S.Pi, M.Si
Drs. Yohanis Setitit
Fiona A.B Nikyuluw, S.Pi, M.Si
Ekadasa Priantara, ST, M.Si
Rahmawati Umasugi, S.Pi, M.Si
Polly S.B Christian, S.St.Pi, M.Si
Indra Cahya, S.St. Pi, M.Si
Meike E. Sahetapy, S.Pi, M.Si
Johanna L. Thenu, S. Pi
Jermias G. Saptenno
Helmy F. Polnaya, S.Pi, M.Si
Fajar Ren-El, S.Pi
A.R Sopaheluwakan, S.Pi, M.Si
Sientje B. Tjoa, S.Pi
La Tati
Purwono, S.St. Pi
Agussalim, S.Pi, M.Si
Rachel L. Wattimena,S.Pi, M.Si
Bahar Fakoubun
Yenni Irawati, S.St.Pi
Talakua Matheis
Husein Sabban
Hartati Rima
Mohtadi S. Waliulu, S.Pi
Rushelan Sudharna,A.Md
Adriana Brahmin
Gerson Behuku, A.Md
Asty M. Titapasanea, A.Md
Yusuf Marantika
Tunjanan Dominggus
Della N. Latuihamallo, A.Md
Moh. Arief Hidayat, AMd
Santoso Djunaidi, A.Md
Lexon H. J. Tinglioy, S.Pi
Munakip Day
Dessy Rompis
Imelda Sikteubun
Murni Samin
Arianto Doha
Darsun Tanarubun
Romeo Siruang
Dani Lengkong
Sujud Tuanany
Dika Thomas
Pieter Tomasoa
Andarias Silubun
Fransiskus Sarfunin
Oktavianus Makaweru
dr. Hasni Arusad
Debora E Mainassy, SE
Wa Salma
Femy L. Lekatompessy, S.SI
M. Nur Rumfot
Carlo Tuhilatu
Franky Amanupunnjo
La Ajid
Ahmad T. Fakoubun
Radifa Tokomadoran
Christian Lumaesan
Jacub Lainsamputty
Korneles Warbanaran
Armin H. Uspessy
Fitri Syarifah, A.Md
Suratno S. Mardan
S2
S1
S2
S1
S2
S2
S2
S2
S2
S2
S1
SMU
S2
S1
S2
S1
SLTA
D4
S2
S2
SLTA
D4
SLTA
SLTA
SLTA
S1
D3
SLTA
D3
D3
SLTA
SLTA
D3
D3
D3
S1
SLTA
SMA
SMA
SMEA
SMA
SMA
SMA
SMA
SUPM
SMA
SMA
SMA
SMP
SMP
Dokter
S1
D3
S1
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
SMA
D3
SMA
Kepala Balai
Kasubag TU
Widyaiswara Muda
Kasie Sarpras Pelatihan
Instruktur Muda
Kasie Program
Staf Program
Instruktur Pertama
Instruktur Pertama
Instruktur Muda
Widyaiswara Muda
Staf TU
Instruktur Pertama
Widyaiswara Pertama
Staf Program
Instruktur Pertama
Staf TU
Instruktur Pertama
Widyaiswara Muda
Instruktur Pelk. Lanjutan
Staf TU
Penyuluh Pertama
Staf Sarpras Pelatihan
Staf Sarpras Pelatihan
Staf TU
Staf Sarpras Pelatihan
Instruktur Pelaksana
Staf TU
Staf Sarpras Pelatihan
Staf TU
Staf Sarpras Pelatihan
Staf TU
Staf TU
Instruktur Pelaksana
Staf Program
Staf Sarpras Pelatihan
Staf TU
Staf TU
Staf TU
Staf TU
Staf TU
Staf Sarpras Pelatihan
Staf TU
Staf TU
Staf Sarpras Pelatihan
Staf TU
Staf Sarpras Pelatihan
Staf TU
Staf TU
Staf Sarpras Pelatihan
Tenaga Medis
Tenaga Kontrak
Tenaga Medis
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak
Tenaga Kontrak

 

Pegawai BPPP Ambon Tahun 2014
Pegawai BPPP Ambon Tahun 2014
KKP BPPP Ambon
KKP BPPP Ambon
BS EN ISO 9001 - 2008
BS EN ISO 9001 – 2008
Terakreditas LAN-RI
Terakreditas LAN-RI

Untuk mengupdate informasi tentang BPPP Ambon, Anda bisa mengaksesnya melalui website resmi BPPP Ambon di : www.bp3ambon-kkp.org