BPPP Ambon Breaking News
Home » Berita » Percontohan Penyuluhan Perikanan Bidang Pembesaran Ikan Kerapu di Waiheru Kota Ambon

Percontohan Penyuluhan Perikanan Bidang Pembesaran Ikan Kerapu di Waiheru Kota Ambon

Selasa, 12 Maret 2019 Kepala BPPP Ambon didampingi Pejabat dari Dinas Perikanan Kota Ambon dan Kepala Desa Waiheru, membuka kegiatan Temu Lapang Program Percontohan Penyuluhan Perikanan Bidang Pembesaran Ikan Kerapu Cantang di Kelompok Mekar, Desa Waiheru Kota Ambon. Turut hadir dalam kegiatan ini para Penyuluh Perikanan Kota Ambon baik Penyuluh PNS maupun Penyuluh Bantu (PPB), pengurus dan anggota kelompok pembudidaya Mekar, serta pejabat dan beberapa staf BPPP Ambon.

Dalam sambutannya Kepala BPPP Ambon, Praatma Prihadi, menyampaikan perlunya sinergitas antara program Kementerian KP di Pusat dengan kebijakan daerah agar kegiatan percontohan ini tepat guna. Lebih jauh Pak Ari (sapaan akrab Kepala Balai) menyampaikan bahwa penyediaan pasar menjadi point yang sangat penting dari setiap usaha percontohan, agar benar-benar memberikan income bagi pelaku utama pembudidaya ikan. Hal senada disampakan oleh pejabat yang mewakili Dinas Perikanan Kota Ambon, bahwa program percontohan ini akan membantu pelaku utama bertumbuh dan mencajdi tempat belajar bagi pelaku utama yang lain di sekitar kelompok berada.

Rangkaian kegiatan Temu Lapang Percontohan Penyuluhan Perikanan ini dilaksanakan pelepasan benih ikan pada Keramba Jaring Apung (KJA) milik Kelompok Mekar di perairan Teluk Ambon Dalam. Pelepasan benih diakukan oleh Kepala BPPP Ambon, didampingi Kasie Penyuluhan BPPP Ambon, serta Pejabat Eselon IV BPPP Ambon. Selain itu turut hadir Penyuluh Pendamping Kelompok, Abdul Rahman, serta Ketua Kelompok Mekar, Lukman. BPPP Ambon juga mengirimkan Tim Ahlinya untuk kegiatan ini yang terdiri atas dua orang Ahli Budidaya Ikan yakni Purwono dan Moh. Arief Hidayat.

Selain pemberian bantuan benih, bagian dari percontohan ini juga ada pemberian bahan percontohan untuk perawatan karamba berupa waring dan kelengkapannya. Bahan-bahan tersebut diberikan oleh Kepala Balai dan diterima langsung oleh Ketua Kelompok Budidaya Ikan Mekar, disaksikan oleh para penyuluh yang hadir pada acara tersebut. Harapannya semoga kegiatan percontohan ini, akan menjadi tempat belajar yang baik bagi para pembudidaya ikan atau calon pembudidaya ikan yang berminat membangun usaha budidaya ikan pada KJA.

Baca Juga

Tahun Baru 2019 Semangat Baru, Bersama Membangun BPPP Ambon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *