BPPP Ambon Breaking News
Home » Berita » Praktek Lapang Pelatihan Observer di Laha, Kota Ambon

Praktek Lapang Pelatihan Observer di Laha, Kota Ambon

Sabtu 10 November 2018, sebagai rangkaian Pelatihan Observer yang berlangsung di Balai Pelatihan Perikanan Ambon, peserta pelatihan melaksanakan praktek lapang di Desa Laha, tepatnya di pangkalan pendaratan ikan, yang mana di sana terdapat banyak kapal ikan dengan berbagai ukuran. Pada saat praktek berlangsung, kapal yang menjadi objek adalah kapal penangkap ikan dengan alat tangkap longline. Kapal-kapal ikan tersebut pada umumnya berukuran 30 GT.

Variabel yang diobservasi pada saat praktek antara lain ukuran panjangdan lebar kapal, jenis alat tangkap, jumlah panjang dan basket longline, jumlah hook atau mata pancing, dan data-data kelengkapan adaministrasi kapal. Pelatihan yang dilaksanakan oleh WWF Indonesia ini, pada kegiatan prakteknya dibantu oleh petugas dari Stasiun Pengawasan Sumberdaya KP Ambon.

Selain melaksanakan praktek di lapangan, kegiatan pelatihan ini juga melaksanakan berbagai praktek di Balai Pelatihan Perikanan Ambon dengan memanfaatkan fasilitas berlatih yang ada di Balai. Praktek tersebut antara lain navigasi berupa cara penggunaan GPS, mencocokkan dengan peta laut beserta hitungan matematisnya. Selain itu, peserta juga praktek mengenal jenis-jenis ikan dan bagaimana cara mengukur panjang ikan. Semua praktek ini dilaksanakan di workshop milik BPPP Ambon, yakni workshop fishing gear, workshop navigasi dan workshop pengolahan hasil perikanan.

Baca Juga

Direktur Kerjasama Penyuluhan Universitas Rhode Island AS Diskusi Tentang Penyuluhan di BPPP Ambon

Sabtu 6 Oktober 2018 para pegawai BPPP Ambon dengan wajah cerah menyambut kedatangan Direktur Kerjasama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *