Home » Berita » Upacara Peringatan HUT Proklamasi RI Ke-73 di BPPP Ambon

Upacara Peringatan HUT Proklamasi RI Ke-73 di BPPP Ambon

Jumat, 17 Agustus 2018, adalah hari paling istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia, karena hari ini bertepatan dengan Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI, 73 tahun lalu, termasuk para pegawai BPPP Ambon. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan segala jenis penjajahan harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan, demikian bunyi sepenggal Undang-Undang Dasar Negara RI yang dibacakan saat upacara berlangsung. Usia kemerdekaan yang sudah 73 tahun, membawa bangsa Indonesia semakin matang dan dewasa mewarnai kehidupan di alam merdeka. Pada hari ini di halaman BPPP Ambon berlangsung dengan khidmat, Upacara Bendera memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang diikuti oleh seluruh pegawai BPPP Ambon.

Pada Upacara ini, Kepala BPPP Ambon bertindak sebagai Pembina Upacara. Dalam arahannya, Kepala Balai membacakan Sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Banyak hal disampaikan pada sambutan tersebut, di antaranya mengingatkan kita bahwa sudah saatnya kita mengembalikan kejayaan nusantara dengan kembali menghadap laut. Selain itu, Menteri Susi juga menyampaikan bahwa sebagai negara maritim yang kuat, kita membutuhkan manusia-manusia yang penuh semangat dan keberanian untuk menuju laut masa depan bangsa kita, manusia yang mau mencintai, menjaga dan merawat laut kita. Selanjutnya Menteri KP juga berpesan agar kita senantiasa menjag persatuan, jangan terlibat dalam politik praktis, tetapi senantiasa menjaga netralitas selaku Aparatur Sipil  Negara (ASN).

Para petugas pada Upacara tersebut adalah pegawai BPPP Ambon. Indra Cahya bertugas selaku Komandan Upacara. Bertugas sebagai penggerek bendera adalah Antono Yadi, Asty Marce Titapasanea, dan Arianto Doha. Piter Tomasoa bertugas sebagai dirigen untuk Indonesia Raya, Wahyu Retno Aris bertugas selaku pembaca Undang-Undang Dasar 1945. Johanna Thenu bertugas sebagai Master of Ceremony, dan La Tati sebagai pembaca doa. Debora Mainassy bertugas menjadi ajudan Pembina Upacara. Selain mereka terdapat beberapa petugas lagi, yakni Romeo Siruang selaku pengatur sound sistem dan Femmy Lekatompessy selaku juru foto.

Dalam rangkaian Upacara HUT Proklamasi Kemeredekaan RI kali ini, terdapat pegawai BPPP Ambon yang memperoleh penghargaan Satyalancana Karyasatya. Pegawai tersebut adalah Purwono, Gerson Behuku dan Sujud Tuanany. Purwono memperoleh penghargaan Satyalencana Karyasatya 20 tahun, sedangkan Gerson Behuku dan Sujud Tuanany memperoleh penghargaan Satyalencana Karyasatya untuk 10 tahun. Diharapkan penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk terus berbuat lebih dan bermanfaat bagi masyarakat, kata Kepala Balai.

Setelah Upacara selesai, maka kegembiraan para pegawai dilengkapi dengan pembagian hadiah perlombaan 17-an kepada para pemenang lomba. Terdapat banyak hadiah yang diserahkan langsung oleh Kepala Balai kepada pegawai. Semangat kompetitif yang dibingkai sportifitas telah ditunjukkan oleh para pegawai BPPP Ambon melalui perlombaan-perlombaan yang berlangsung selama dua hari tersebut. Selain memperoleh juara, tujuan yang tak kalah pentingnya dari perlombaan ini sesungguhnya adalah membangun jiwa korsa dan semangat persatuan di antara sesama pegawai BPPP Ambon. Demikian penjelasan Pirhel selaku pengarah perlombaan.

Baca Juga

BPPP Ambon Memeriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI dengan Berbagai Lomba

Kamis 16 Agustus 2018 merupakan hari kedua dari kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh BPPP Amon …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *