BPPP Ambon Breaking News
Home » Berita » Penyuluh Perikanan Papua Berlatih Peningkatan Kinerja di Biak

Penyuluh Perikanan Papua Berlatih Peningkatan Kinerja di Biak

Penyuluh perikanan PNS sebanyak 30 orang dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Papua berlatih peningkatan kinerja penyuluh perikanan di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor selama 3 hari, mulai Senin (23 April) sampai Rabu (25 April). Para penyuluh tersebut berlatih mencapai target kinerja yang telah disitribusikan kepada para penyuluh tersebut melalui Satuan Administrasi Pangkal (Satminkal) BP3 Ambon. Para penyuluh tersebut mengikuti rangkaian pelatihan dengan sangat antusias. Situasi pelatihan dinamis karena diselingi dengan ice breaking dari para pelatih di sela-sela materi pelatihan yang disampaikan. Selaku ASN atau Aparatur Sipil Negara, para penyuluh ini sangat senang dan antusias, karena pelatihan ini akan meningkatkan kompetensi mereka untuk mencapai kinerja pada tahun 2018. Diharapkan para penyuluh tersebut juga menjadi perpanjangan tangan dari BP3 Ambon selaku Satminkal penyuluh, agar menyampaikan kepada rekan sesama penyuluh yang ada di daerah asal tugas masing-masing peserta.

Hadir pada pelatihan ini para pelatih dari BP3 Ambon, yakni Agussalim dan Agustina R. Sopaheluwakan. Hadir pula pemrasaran dari Pusat Data Statistik dan Informasi (Pusdatin) KP Agus Suryadi dan Agus Abdul Latif. Turut hadir pemateri satu data dari UKMKP Sigit dan Riri. Peserta melakukan simulasi atas materi yang disampaikan pelatih. Materi yang disimulasi adalah satu data yakni Kusuka dan pendataan produksi, juga simulasi fasilitasi akses pasar, fasilitasi akses informasi teknologi, simulasi penilaian kelas kelompok, serta pelaporan online. Selain itu peserta juga praktek menginput data pada aplikasi Monica, yang merupakan instrumen yang disiapkan untuk membantu mengontrol capaian kinerja penyuluh di internal Satminkal BP3 Ambon.

Para penyuluh ini diharapakan benar-benar akan membawa suluh terang bagi masyarakat pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan ketika hadir di masyarakat. Sehingga kehidupan perekonomian masyarakat benar-benar meningkat dari waktu ke waktu berkat pendampingan dari penyuluh. Demikian disampaikan oleh Agussalim pada saat membawa materi fasilitasi akses pasar. Menurut Agussalim para penyuluh nantinya akan sangat ditunggu dan diharapkan kehadirannya oleh masyarakat ketika para penyuluh tersebut memiliki kompetensi teknis perikanan yang mumpuni. Mereka para penyuluh akan senantiasa hadir dengan membawa berbagai solusi atas setiap persoalan yang dihadapi masyarakat perikanan. Oleh karena itu para penyuluh harus menjadi penyuluh sakti yang menguasai berbagai hal terkait perikanan, tandasnya. 

Baca Juga

Rapat Koordinasi Penyuluhan di BPPP Ambon

Rabu 1 Agustus 2018, berlangsung Rapat Koordinasi Penyuluhan di BPPP Ambon. Kegiatan ini dihadiri oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *