BPPP Ambon Breaking News
Home » Berita » Penyuluh Perikanan Papua Barat Dilatih Meningkatkan Kinerja oleh BPPP Ambon di Kota Sorong

Penyuluh Perikanan Papua Barat Dilatih Meningkatkan Kinerja oleh BPPP Ambon di Kota Sorong

“Kami sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini untuk kami para penyuluh bisa meningkatkan kinerja terkait tugas kami sebagai penyuluh dalam mendampingi pelaku utama dan pelaku usaha kelautan perikanan”, demikian pernyataan testimoni Ruslan penyuluh perikanan asal Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat, pada penutupan Pelatihan Peningkatan Kinerja Penyuluh Perikanan di Kota Sorong, Rabu 18 April 2018. Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini membekali penyuluh perikanan dengan kemampuan memfasilitasi nelayan atau pelaku utama dan pelaku usaha agar mampu mengakses berbagai hal yang menjadi kepentingan mereka. 

Kompetensi yang dilatihkan kepada para Penyuluh Perikanan  Papua Barat diantaranya kompetensi mengakses informasi teknologi terekomendasi kelautan perikanan, kemampuan mengakses pasar produk hasil perikanan, kemampuan mendampingi kelompok meningkatkan kelasnya, kemampuan mengambil dan menginput data pada aplikasi one data, serta melakukan pelaporan online. Selain itu penyuluh juga diharapkan memahami berbagai aturan tentang penyuluhan dan program prioritas nasional. Menurut Agussalim selaku Ketua Panitia merangkap pelatih, kompetensi teknis dan manajerial ini dibutuhkan oleh Penyuluh agar mampu melakukan pendampingan masyarakat, sehingga kehadirannya senantiasa diharapkan oleh masyarakat karena benar-benar membawa suluh penerangan bagi masyarakat.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 16 sampai 18 April ini diikuti oleh 30 orag peserta dari kabupaten dan kota di Provinsi Papua Barat. Pelatih yang membawa materi yakni Agussalim dan A.R. Sopaheluwakan dari BP3 Ambon, Samuel dari UKMKP, Walim dan Jimmy dari Pusdatin KP, Kris dari Dinas Perdagangan Kota Sorong dan Maklon Simatupang dari BRI Cabang Kota Sorong.

Baca Juga

Rapat Koordinasi Penyuluhan di BPPP Ambon

Rabu 1 Agustus 2018, berlangsung Rapat Koordinasi Penyuluhan di BPPP Ambon. Kegiatan ini dihadiri oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *