BPPP Ambon Breaking News
Home » Berita » Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok Dilatihkan BPPP Ambon di Ponpes Hidayatullah Liang

Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok Dilatihkan BPPP Ambon di Ponpes Hidayatullah Liang

Sabtu 24 Februari 2018 Tim budidaya perikanan BPPP Ambon menyelesaikan satu paket pelatihan untuk masyarakat. Pelatihan tersebut adalah budidaya ikan lele sistem bioflok di Pondok Pesantren Hidayatullah, Desa Liang, Maluku Tengah. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dukungan program Badan Riset Dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan terhadap program Eselon I lainnya yaitu menyiapkan sumberdaya yang kompeten yang bersentuhan langsung terhadap sektor kelautan dan perikanan.

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya melalui Balai Budidaya Air Tawar Tatelu memberikan paket bantuan budidaya ikan lele sistem bioflok di Pondok Pesantren Hidayatullah. Dengan jumlah kolam sebanyak 16 buah berkapasitas 6 ton lengkap serta sistem aerasi yang baik merupakan sarana yang sangat berpotensi sekali untuk pengembangan budidaya ikan lele di pondok pesantren tersebut. Penyediaan fasilitas yang lengkap tersebut tentunya harus didukung dengan kesiapan Sumberdaya manusia yang handal yang dapat memanfaatkan sarana tersebut.

Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon mengalokasikan paket pelatihan Budidaya Ikan Lele sistem Bioflok dengan sasaran peserta berasal dari pondok pesantren Hidayatullah sehingga diharapkan dapat mengembangkan usaha tersebut secara maksimal.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 6 hari yang dimulai pada tanggal 19 sampai dengan 24 Februari 2018 merupakan pelatihan yang memang dibutuhkan di pondok pesantren tersebut, dimana para peserta diperkenalkan beberapa jenis bakteri penyusun bioflok, bagaimana bioflok itu sendiri bekerja pada media air budidaya dan bahan lain penyusun bioflok yang mudah didapat dipasaran dan tentunya peserta juga dilatih tentang teknis budidaya ikan lele mulai dari persiapan wadah budidaya, cara membuat wadah budidaya, perhitungan Food Conversion Ratio (FCR), mengukur kualitas air, mengidentifikasi hama dan penyakit yang menyerang ikan serta perawatan wadah budidaya.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP menyerahkan perlengkapan peserta pelatihan pada acara pembukaan pelatihan

Suatu kesempatan yang sangat berharga dikarenakan pada saat pembukaan pelatihan dihadir oleh Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Drs. Mulyoto MM, dalam arahannya beliau memberikan motivasi dan dorongan semangat bagi pelaku usaha perikanan yang dalam hal ini merupakan tenaga pengajar pondok pesantren dan santri/santriwati tingkat Aliyah untuk mengembangkan potensi perikanan awal yaitu dimulai dari lingkup pondok pesantren sehingga kebutuhan akan pangan dapat terpenuhi dengan adanya kegiatan budidaya ikan lele ini, tidak menutup kemungkinan juga untuk pengembangan ke depan kegiatan ini bisa menjadi sumber mata pencaharian alternativ bagi pengelola pondok maupun santri/santriwati. Tidak ketinggalan juga Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Maluku Tengah Bapak Samsul Maarib S.Pi, MAP meluangkan waktu untuk menghadiri acara pembukaan tersebut dan memberikan materi tentang program Dinas Perikanan Kabupaten Maluku Tengah. Suatu hal yang sangat baru tentang budidaya lele sistem bioflok bagi Dinas Perikanan Maluku Tengah sehingga beberapa staff dan penyuluh perikanan ikut berpartisipasi aktif selama pelatihan berlangsung agar dapat mengetahui bagaimana cara budidaya ikan lele sistem bioflok.
Diakhir kegiatan pelatihan ini, ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Bapak Pati Ahmad Heluth mengucapkan terimakasih atas ilmu yang diberikan sehingga para peserta mendapat pengetahuan yang baru tentang budidaya ikan lele sistem bioflok dan meningkatkan jiwa wirausaha mereka dan tentunya dapat memanfaatkan sarana yang telah diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikana secara optimal.

Ditulis Oleh : Moh. Arief Hidayat
Instruktur Budidaya Perikanan
BPPP Ambon 

Baca Juga

Pembukaan Serentak Diklat Dasar Penyuluh dan Pelatihan Pembuatan Bubu di BPPP Ambon

Selasa, 9 Oktober 2018, di Aula Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon berlangsung pembukaan dua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *