Home » Berita » Pemkab Biak Mengundang Pelatih BPPP Ambon Melatih Konservasi Perikanan Berkelanjutan

Pemkab Biak Mengundang Pelatih BPPP Ambon Melatih Konservasi Perikanan Berkelanjutan

Jumat, 17 Nopember 2017, Pelatihan Konservasi Perikanan Berkelanjutan selesai dilaksanakan di Desa Yenusi, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor. Pelatihan ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 14 Nopember 2017. Pelatih yang memberikan materi pelatihan adalah pelatih konservasi perairan dari BPPP Ambon yakni Agussalim dan A.R. Sopaheluwakan. Pelatihan ini diikuti oleh peserta yang merupakan masyarakat dari lima desa pesisir di Distrik Biak Timur yakni Kampung Ruar, Mando, Yenusi, Orwer dan Yenberok. Pelatihan ini merupakan kegiatan yang didanai melalui anggaran DIPA Dinas Perikanan Biak Numfor.

Pelatihan resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor, Harun Saman, didampingi Kepala Bidang Pengawasan, Willem Th Marwa. Dalam sambutannya Harun menyampaikan pentingnya kawasan konservasi untuk keberlanjutan perikanan. Kabupaten Biak Numfor sampai 2017 sudah mencadangkan kawasan konservasi laut daerah (KKLD) sebanyak 75.000 Ha, dan sudah diajukan untuk ditetapkan oleh Menteri KP. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah Biak Numfor mengelola pesisir dengan pola konservatif, untuk kesejahteraan masyarakat, pungkas Harun. 

Materi yang disampaikan oleh pelatih pada pelatihan ini di antaranya prinsip-prinsip pengelolaan kawasan konservasi perairan, perikanan berkelanjutan, proses dan interaksi penting dalam ekosistem perairan, dan pengelolaan pariwisata berkelanjutan dalam KKP3K. Kegiatan praktek yang dilakukan berupa pembuatan media tumbuh terumbu karang bioreeftek dan pembuatan papan informasi tata kelola kawasan untuk lima desa.

Baca Juga

Pemkab Supiori Mengirim Nelayannya ke BPPP Ambon Berlatih Jaring Millenium dan Rawai Dasar

Senin 23 Oktober 2017, sejumlah 15 orang nelayan Supiori mengikuti Pembukaan Pelatihan Penangkapan Ikan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *