BPPP Ambon Breaking News
Home » Berita » Masyarakat di SKPT Morotai Dilatih Pembesaran Ikan Kerapu di KJA

Masyarakat di SKPT Morotai Dilatih Pembesaran Ikan Kerapu di KJA

Sabtu 14 Oktober 2017, berlangsung Penutupan Pelatihan Pembesaran Ikan Kerapu di Keramba Jaring Apung (KJA). Pelatihan yang berlangsung selama enam hari dari tanggal 9 sampai 14 Oktober 2017 ini dilaksanakan di Desa Kolorae Kecamatan Morotai Selatan. Peserta pelatihan berasal dari Desa Kolorae sebanyak 21 orang, Desa Galo-Galo 11 orang, dan Desa Yayasan 1 orang, sehingga total peserta berjumlah 33 orang. Sebagian besar peserta merupakan para penerima bantuan program SKPT Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pada akhir pelatihan seluruh peserta pelatihan dinyatakan lulus. Bertindak selaku pelatih pada pelatihan ini adalah Ranto Simanjuntak dan Arief Hidayat. 

Pelatihan yang didominasi kegiatan praktek ini, memberi kompetensi peserta untuk mampu membuat keramba jaring apung, memasang KJA di lokasi yang sesuai, sampai menebar benih ikan kerapu pada KJA. Ukuran KJA yang berhasil dibuat oleh peserta adalah 4×4 meter. Pelatihan ini diharapkan membuat peserta mampu mengelola kegiatan budidaya ikan di KJA secara profesional sehingga bantuan program yang mereka terima dapat optimal.

Pelatihan ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Perikanan Kab. Pulau Morotai. Selanjutnya Kadis Perikanan. berharap bahwa kedepan ada segmentasi dari kegiatan budidaya ikan di Morotai termasuk segmen pasar. Segmentasi yang dimaksud adalah pembenihan, pentokolan/pendederan, pembesaran dan pemasaran. Melalui segmentasi tersebut diharapkan terjadi peningkatan cash flow serta nilai tambah bagi masyarakat pembudidaya ikan.

Baca Juga

Masyarakat Nelayan Berlatih Alat Tangkap Bubu di BPPP Ambon

Senin, 16 Oktober 2017, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon membuka kegiatan pelatihan Pembuatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *