Home » Berita » Nelayan SKPT Merauke Dilatih Membuat Trammel Net

Nelayan SKPT Merauke Dilatih Membuat Trammel Net

Sabtu 16 September 2017, berlangsung penutupan latihan pembuatan dan pengoperasian alat tangkap trammel net di Gedung Pondok Informasi Perikanan Kelurahan Samkai Distrik Merauke Kabupaten Merauke. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pelatihan yang berlangsung selama 6 hari dari tanggal 11 sampai 16 September 2017. Pada penutupan ini diserahkan tiga unit alat tangkap trammel net yang merupakan hasil praktek peserta. Peserta berasal dari Kelurahan Payung dan Kelurahan Samkai. 

Pelatihan yang berlangsung selama enam hari ini didominasi oleh kegiatan praktek yakni membuat dan mengoperasikan trammel net. Alat tangkap trammel net ini bagi peserta, merupakan alat tangkap yang baru mereka ketqhui. Manfaat yang sangat besar terasa oleh peserta setelah melalui uji coba penangkapan udang dengan alat ini, karena berhasil menangkap udang dalam jumlah yang cukup banyak. Menurut peserta, pelatihan yang diselenggarakan oleh BPPP Ambon ini sangat bermanfaat untuk membantu mengelola potensi udang yang melimpah di perairan Merauke mengingat selama ini alat yang mereka gunakan sangat sederhana dan hasilnya tidak sebanyak dengan menggunakan alat trammel net. 

Organisasi pelatihan yang diselenggarakan oleh BPPP Ambon ini diketuai oleh A.R. Sopaheluwakan, bersama dua orang pelatih yakni Indra Cahya dan Frans Louhenapessy. Menurut Ine sapaan akrab Ketua Panitia peserta pelatihan sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan, hal itu terlihat dari ketekunan peserta menyelesaikan seluruh rangkaian alat yang tergolong cukup rumit pengerjaannya, apalagi bagi nelayan yang belum familiar dengan alat tersebut.

 

Baca Juga

PENGADAAN JASA LAINNYA ORANG PERORANGAN (PJLP)TAHUN 2024 BPPP AMBON

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di Balai Pelatihan danPenyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, kami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *