Home » Berita » Uji Kompetensi Pembesaran Udang di Arara Kembali Dilakukan

Uji Kompetensi Pembesaran Udang di Arara Kembali Dilakukan

Sabtu 16 September 2017, Uji kompetensi bidang pembesaran ikan di Tambak Wahana Lestari Investama site Arara desa Wahai Kecamatan Seram Utara kembali dilaksanakan. Asesor yang bertugas adalah Arief Hidayat, Meike Sahetapy, dan Husein Sabban. Uji kompetensi ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 15 sampai 16 September. Proses assesment dilaksanakan di areal tambak, dengan uji observasi demonstrasi para operator tambak tersebut mempraktekkan kompetensi mereka dalam bidang pembesaran udang air payau.

Seperti biasanya proses uji didahului dengan proses pra asesmen dimana para asesi atau peserta uji kompetensi menguji kemampuan secara mandiri. Selanjutnya para asesi berhadapan dengan asesor dan menghadapi beberapa jenis uji. Pada uji kompetensi ini, asesi diuji dengan pertanyaan tertulis melalui perangkat DPT (Daftar Pertanyaan Tertulis) dan uji observasi demontrasi melalui perangkat CLO (check list observation).

Unit kompetensi yang diujikan pada bidang pembesaran udang air payau adalah menebar benih udang, mengelola pemberian pakan buatan, dan mengelola kesehatan udang. Tujuan dari uji kompetensi ini adalah mengetahui kompetensi para petambak yang bekerja di perusahaan apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional Indonesia atau belum. Sehingga jika seorang sudah kompeten berdasarkan hasil uji, maka yang bersangkutan berhak mendapatkan sertifikat uji kompetensi yang merupakan pengakuan atas kemampuan mereka bekerja di bidang tersebut sesuai standar nasional.

Baca Juga

PENGADAAN JASA LAINNYA ORANG PERORANGAN (PJLP)TAHUN 2024 BPPP AMBON

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di Balai Pelatihan danPenyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, kami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *