Home » Berita » Pelatihan Penangkapan Ikan dengan Gill Net Ramah Lingkungan di Samber Biak

Pelatihan Penangkapan Ikan dengan Gill Net Ramah Lingkungan di Samber Biak

Persiapan Pengoperasian Gill NetSenin, 25 April 2016, berlangsung praktek operasi penangkapan ikan di pesisir pantai Samber Distrik Yendidori Kabupaten Biak. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pelatihan Pengoperasian Alat Tangkap Gill Net. Kegiatan praktek ini dipimpin oleh pelatih Agussalim dan Heri Tinglioy, dengan pembagian kelompok terdiri atas dua kelompok mengoperasikan gill net dasar di dua lokasi yang berbeda dan gill net permukaan di titik fishing ground yang tepat di depan Tanjung Samber.

Pelatih AgussalimPeserta pelatihan yang terdiri dari 30 orang nelayan Samber dan Binyeri Distrik Yendidori dilatih mengoperasikan alat tangkap gill net yang ramah lingkungan. Sebelum mengoperasikan alat tangkap terlebih dahulu peserta dilatih membuat alat tangkap gill net tersebut. Pada rangkaian materi pelatihan terdapat mata latihan penangkapan ikan yang ramah lingkungan; membuat alat tangkap gill net; mengoperasikan alat tangkap gill net; merawat alat tangkap gill net; penanganan ikan hasil tangkapan gill net dan manejemen usaha penangkapan ikan dengan gill net.

Pelatih HeriPeserta pelatihan merasa sangat senang dengan pengetahuan baru mereka yang antara lain tentang penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Peserta menyatakan apresiasi yang besar kepada BPPP Ambon yang menyampaikan bahwa alat tangkap jaring dengan ukuran mata kecil juga termasuk dalam kategori alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. Sehingga dalam pelatihan ini, peserta dilatih membuat gill net dengan ukuran mata jaring 2,5′ ke atas.

 

Baca Juga

Sosialisasi Gratifikasi dan Benturan Kepentingan (Conflict of Interest) kepada pihak Eksternal BPPP Ambon

Dalam upaya Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *