BPPP Ambon Breaking News
Home » Berita » Songsong Era MEA, BPPP Ambon Gelar Pelatihan Asesor Kompetensi

Songsong Era MEA, BPPP Ambon Gelar Pelatihan Asesor Kompetensi

Penyerahan ATK Oleh Direktur LSP KPBPPP Ambon, 13 Pebruari 2015, dibuka secara serentak dua pelatihan yakni pelatihan Assesor dan Pelatihan Diversifikasi Pengolahan Hasil Perikanan. Dua jenis pelatihan ini dibuka sekaligus secara resmi oleh Direktur LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Kelautan dan Perikanan, Ir. Herry Maryuto, MMA, didampingi Kepala BPPP Ambon, Mathius Tiku. Pada pembukaan Pelatihan ini turut hadir Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon, John Latuihamallo, serta dua orang Master Asesor dari BNSP dan Kepala SUPM Ambon. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung dari tanggal 13 sampai 18 Pebruari 2015.

Kegiatan Berlatih AssesorPeserta pelatihan Asesor ini berasal dari beberapa UPT KKP di Ambon yakni BPPP Ambon 19 orang, SUPM Ambon 9 orang dan BPBL Ambon 2 orang. Pelatihan yang akan berlangsung selama seminggu ini menghadirkan para pelatih dengan kualifikasi Master Asesor dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Danang Priya dan Yohanes Legimin. Output dari pelatihan ini adalah terlatihnya 3o orang asesor kompetensi kelautan dan perikanan. Para calon asesor ini nantinya ketika lulus menjadi asesor akan sangat mendukung upaya sertifikasi kompetensi kelautan perikanan menyongsong era Masyarakat Ekonomi ASEAN akhir tahun ini.

Pada kesempatan membuka acara pelatihan Assesor ini, Direktur LSP-KP, Herry Maryuto menyampaikan bahwa asesor  Foto Bersama Peserta Assesordibutuhkan untuk mengsertifikasi masyarakat agar bisa mengisi lowongan kerja dalam negeri dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing sehingga posisi lowongan kerja di Indonesia bisa diisi oleh orang Indonesia sendiri. Menurut Herry, menghadapi MEA 31 Desember 2015 mendatang akan banyak kebutuhan sertfikasi di dunia industri  termasuk industri perikanan, sertfikasi merupakan kebutuhan tenaga kerja Indonesia. Pada kesempatan yang sama, dia juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap BPPP Ambon atas terselenggaranya acara yang sangat penting untuk kemajuan SDM KP ini.

 

Baca Juga

Masyarakat Nelayan Berlatih Alat Tangkap Bubu di BPPP Ambon

Senin, 16 Oktober 2017, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon membuka kegiatan pelatihan Pembuatan …

One comment

  1. cindy_ibex@yahoo.com'

    Semoga pelatihan asesor ini berguna bagi para asesor yang sudah lulus dan bukan hanya sekedar gelar asesor. Trima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *