BPPP Ambon Breaking News
Home » Berita » Pelatihan Observer Gelombang III di BPPP Ambon

Pelatihan Observer Gelombang III di BPPP Ambon

Kepala Balai dengan Direktur PUMI memberikan materiBadan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan Melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Ambon bekerja sama dengan Direktorat Sumber Daya Ikan mengadakan Pelatihan Pemantauan Kapal Penangkap Ikan dan Kapal Pengangkut Ikan Gelombang III dari tanggal 30 November sampai dengan 13 Desember 2014. Adapun kegiatan pelatihan ini dilaksakanan di Kampus BPPP Ambon yang memang sudah memiliki Instruktur dan Pelatih yang profesional di bidang Pemantauan Kapal Penangkap Ikan dan Kapal Pengangkut Ikan (Observer). Kegiatan ini juga untuk memenuhi permintaan akan tenaga Observer yang sudah terlatih dan profesional dan menjadi jawaban atas kebutuhan akan observer sesuai ketentuan organisasi perikanan regional / Regional Fisheries Management Organization (RFMO) yang mewajibkan adanya Pemantau (Observer) pada kapal perikanan yang melakukan penangkapan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI). Disamping itu sebagai salah satu langkah perbaikan terhadap data operasi penangkapan ikan di WPP-NRI.

Pemberian Materi dalam Kelas oleh Bapak Indra Cahya S.St.Pi, M.SiYang membuat berbeda dari pelatihan kali ini adalah seluruh peserta yang berjumlah 37 orang berasal dari luar daerah kota Ambon, ada yang berasal dari wilayah kerja BPPP Ambon bahkan diluar wilayah kerja BPPP Ambon, Peserta yang berasal dari wilayah kerja BPPP Ambon yaitu Kota Ambon sebanyak 8 orang, Maluku Tengah sebanyak 3 orang, Maluku Tenggara sebanyak 3 orang, Kab. Buru sebanyak 1 orang, Banda Naira sebanyak 1 orang, Kota Tual sebanyak 6 orang, Kab. Sorong sebanyak 3 orang, Buton Utara sebanyak 3 orang dan yang berasal dari luar wilayah kerja BPPP ambon yaitu dari Kab. Luwu sebanyak 1 orang, Kab. Luwu Utara sebanyak 1 orang, Kab. Bone sebanyak 2 orang, Bitung sebanyak 4 orang dan Kab. Manggarai Timur (NTT) sebanyak 1 orang.

Kepala Pusat Pelatihan sedang memberikan materi dalam kelasPelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Bapak Mathius Tiku S.Pi, M.Si pada hari minggu tanggal 30 November sampai dengan 13 Desember 2014, kegiatan ini meliputi kegiatan teori dalam kelas serta kegiatan orientasi lapangan ke Pelabuhan Perikanan Nusantara Kota Ambon, Kepala Pusat Pelatihan Bapak Dr. Ir. Santoso, M.Phil juga memberikan materi dalam kelas yang sangat bermanfaat bagi para calon observer yang akan ditempatkan di atas kapal nantinya. Pada kesempatan kali ini juga turut hadir Direktur PT. PUMI sekaligus Wakil Direktur LSP-KP Bapak Imron Natsir yang memberikan informasi tentang kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan untuk bekerja di kapal milik negara asing yang nantinya juga dapat bekerja di negara tersebut.

Praktek NavigasiDiharapkan kedepan para lulusan Observer gelombang III yang sudah diberikan pelatihan bisa melaksakanan tugas dan tanggungjawabnya sebagai Observer yang profesional ketika nantinya sudah bekerja diatas kapal baik kapal dalam negeri maupun luar negeri serta dapat menjadi bagian dari Masyarakat Ekonomi Asean 2015.

 

Kontributor : Moh. Arief Hidayat

Baca Juga

Masyarakat Nelayan Berlatih Alat Tangkap Bubu di BPPP Ambon

Senin, 16 Oktober 2017, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon membuka kegiatan pelatihan Pembuatan …

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *