BPPP Ambon Breaking News
Home » Berita » BPPP AMBON BERPARTISIPASI DALAM ACARA HARKANNAS KE – I

BPPP AMBON BERPARTISIPASI DALAM ACARA HARKANNAS KE – I

Peringatan Harkannas ISabtu, 22 November 2014, bertempat di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Waiheru Kota Ambon, seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang ada di Kota Ambon Provinsi Maluku berkumpul memperingati hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-1. Kementerian Kelautan dan Perikanan mencanangkan tanggal 21 November sebagai hari ikan nasional yang juga bertepatan dengan peringatan World Fisheries Day sesuai dengan keputusan Presiden RI No. 3 Tahun 2014. UPT KKP yang ikut berpartisipasi antara lain Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon, Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kota Ambon, Balai Budidaya Laut (BBL) Ambon, Stasiun Karantina Ikan (SKI) kelas I Ambon dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Ambon. Selain UPT KKP se Kota Ambon hadir juga siswa dan siswi SD sekitar SUPM Negeri Waiheru yang memeriahkan acara Harkanas dari awal sampai akhir.

Tim Bulutangkis PutriKegiatan dimulai dengan melakukan senam bersama, setelah senam dilakukan diadakan lomba antara UPT KKP yaitu Lomba Volly Putra dan Putri, Bulutangkis ganda putra dan putri, serta tenis meja putra. Dalam pertandingan kali ini tidak sekedar mencari pemenang, tetapi lebih kepada membangun kekompakan antara tim itu sendiri dan solidaritas antara seluruh UPT KKP di Provinsi Maluku. Yang menarik dalam acara pertandingan ini adalah para Kepala UPT dan Pejabat Struktural juga ikut andil membela timnya masing-masing, ada yang ikut dalam pertandingan volly secara langsung, sampai menjadi pelatih dan manajer dalam tim nya, tentunya ini menjadi kejadian yang jarang terlihat.

Tim Volly Putri BPPP AmbonTim Volly Putra BPPP AmbonKegiatan ini ditutup dengan acara inti yaitu makan ikan bersama-sama, sesuai dengan tema Harkannas I yaitu “Ikan untuk Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional”. Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Ambon juga tidak ketinggalan menyiapkan menu spesial khas Ambon yaitu ikan bakar dengan sambal colo-colo ditambah ketupat serta sayur bunga pepaya dan cah kangkung yang sangat menggugah selera. Es buah yang segar melengkapi menu spesial yang disajikan sehingga hidangan yang disediakan laris manis bukan hanya dinikmati oleh pegawai BPPP saja, akan tetapi peserta lain dari berbagai UPT dan siswa – siswi juga.

Acara Makan BersamaKedepannya Kementerian Kelautan dan Perikanan mengharapkan Harkannas ini dapat dilihat sebagai sebuah gerakan masyarakat bukan hanya sekedar program KKP, mengingat banyaknya kasus gizi ganda (kelebihan dan kekurangan gizi) dan fenomena stunting (bayi lahir pendek) sesuai data riset kesehatan dasar dalam RAN pangan dan gizi 2011 hingga 2015. Sebagai UPT KKP memang sewajarnya kita memperkenalkan dulu program ini agar bisa diterima oleh masyarakat luas dengan baik dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat. Ayo….mari rame-rame katong makan ikan.

 

Kontributor : Moh. Arief Hidayat

Baca Juga

Masyarakat Nelayan Berlatih Alat Tangkap Bubu di BPPP Ambon

Senin, 16 Oktober 2017, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon membuka kegiatan pelatihan Pembuatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *