Home » KTI » Nilai Gizi Ikan Asin Cakalang Banda

Nilai Gizi Ikan Asin Cakalang Banda

Oleh: Fiona A.B.Nikyulyw (Instruktur BPPP- Ambon)

Banyak yang mengatakan bahwa makanan yang enak adalah makanan yang mahal. Sebenarnya Makanan bisa dikatakan enak bukan karena harganya yang mahal, tetapi bagaimana pengolahannya dan bagaimana cara kita menikmati makanan tersebut.

Makanan sederhana yang sering kita jumpai adalah Ikan Asin. Siapa yang tidak tahu dengan ikan asin? Semua pasti bisa membuatnya bukan saja nelayan/wanita nelayan yang tinggal dipesisir. Bukan saja di Indonesia yang mengenal ikan asin, tapi ada beberapa negara seperti Singapura, Thailand, Malaysia.

Ikan asin selain harganya yang terjangkau dan mudah didapat ternyata dapat di konsumsi tanpa memandang umur, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua dapat merasakan kelezatan ikan asin.

Didalam ikan asin juga terdapat beberapa kandungan gizi. Berikut isi kandungan gizi yang terdapat pada ikan asin menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya: Ikan Asin Kering mengandung energi sebesar 193 kilokalori, protein 42 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 1,5 gram, kalsium 200 miligram, fosfor 300 miligram, dan zat besi 3 miligram.  Selain itu di dalam Ikan Asin Kering juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Asin Kering, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 70 %.

 Hasil analisis kandungan gizi ikan asin cakalang banda yang dilakukan pada Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri, Balai Riset dan Standardisasi Industri Ambon, diperoleh :

  • Kadar Air : 36,13 %
  • Kadar Abu tak larut dalam asam : 0,34 %
  • Kadar Protein : 36,03 %
  • Kadar Garam : 9,33 %
  • TPC : 6,50 X 10O Koloni/gr
  • Kapang : 1,50 X 10O Koloni/gr
  • Khamir : 0,00 koloni/gr
  • Uji Organoleptik (meliputi bau, rasa, tekstur / kenampakan): 7 (BAIK/SUKA).


Baca Juga

Pergeseran Garis Dasar Beberapa Sumberdaya Perairan Morotai Dalam 20 Tahun Terakhir

Kabupaten Pulau Morotai merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *