Home » Berita » Pelatihan Sustainable Tourism in MPA oleh NOAA Amerika di BPPP Ambon

Pelatihan Sustainable Tourism in MPA oleh NOAA Amerika di BPPP Ambon

Sambutan Ka BalaiAmbon, Jumat 11 April 2014, berlangsung pembukaan pelatihan Sustainable Tourism in Marine Protected Area (MPA) atau Pariwisata Berkelanjutan di dalam kawasan konservasi perairan di Aula BPPP Ambon. Pelatihan ini merupakan kerjasama NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) Amerika dengan Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan KKP RI. Pelatihan ini menghadirkan Pelatih dari NOOA Gabriel L. Johnson dan Andy. Selain itu Pelatihan ini menghadirkan para mentor dari Conservation International, serta mentor dari beberapa UPT KKP. Di antara sekian mentor terdapat dua orang dari BPPP Ambon yakni Polly Christian dan Agussalim.

Kegiatan PraktekSustainable Tourism merupakan model pengelolaan pariwisata yang berbasis triple bottom line yakni ekologi, social-budaya dan ekonomi. Konsep ini merupakan konsep alternatif di tengah pesatnya perkembangan industry pariwisata dunia yang cenderung massal dan konvensional. Sustainable tourism menawarkan konsep keberlanjutan dalam segi lingkungan, pendapatan masyarakat dan kelestarian budaya dan nilai social masyarakat lokal. Konsep ini akan sangat tepat jika diterapkan di dalam kawasan konservasi perairan (KKP).

Kepala BPPP Ambon, Mathius Tiku, ketika membuka kegiatan pelatihan ini menyampaikan selamat datang di BPPP Ambon bagi seluruh peserta dan para mentor yang berasal dari berbagai daerah di tanah air (peserta dan mentor ada yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Sumatera, Papua, dan Papua Barat). Tiku juga menyampaikan bahwa BPPP Ambon juga sedang konsern pada upaya konservasi perairan melalui kegiatan-kegiatan pelatihan konservasi di wilayah kerjanya. Pada kesempatan yang sama, Tiku juga menyampaikan harapan semoga BPPP Ambon bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta, para mentor serta pelatih.

Gaby membawa materiGabriel L. Johnson atau akrab dipanggil Gaby selaku yang mewakili NOAA, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa dia sangat menghargai dedikasi peserta, dan berharap semoga peserta dapat belajar berbagai ide dalam pelatihan ini. Gaby juga mengatakan bahwa setiap pulang ke Amerika selalu membanggakan dedikasi orang Indonesia. Gaby juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan peserta untuk hadir, demikian pula kepada seluruh mentor, dan teristimewa bagi BPPP Ambon yang telah menjadi tuan rumah yang baik untuk kegiatan ini.

Praktek LapangKegiatan pelatihan ini berlangsung selama enam hari (11 sampai 16 April). Kegiatan berisi materi di kelas dengan menghadirkan para pelatih dari berbagai daerah dan instansi. materi pelatihan juga diisi oleh beberapa narasumber di antaranya dari Asita (Asosiasi Tours and Travel) Ambon, dan pengelola dive resort di Teluk Ambon. Selain materi dan praktek pengelolaan di kelas, pelatihan ini juga diisi dengan kegiatan kunjungan lapangan di Dive resort Laha dan Pantai Natsepa. Pada akhir kegiatan peserta menyatakan sangat puas dengan pelatihan ini dan juga sangat senang atas pelayanan BPPP Ambon. Hal senada disampaikan oleh Gaby mewakili seluruh pelatih dan mentor, dan berharap di masa mendatang bisa bermitra dengan BPPP Ambon lagi untuk berbagai kegiatan pelatihan.

Agussalim

Baca Juga

PENGADAAN JASA LAINNYA ORANG PERORANGAN (PJLP)TAHUN 2024 BPPP AMBON

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di Balai Pelatihan danPenyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, kami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *