Home » Berita » Membuat Abon Ikan dan Bakso Ikan Bersama P2MKP Fajar Kota Ambon

Membuat Abon Ikan dan Bakso Ikan Bersama P2MKP Fajar Kota Ambon

???????????????????????????????Tanggal 24 sampai 27 Februari di P2MKP Fajar Desa Latuhalat dilaksanakan Pelatihan pembuatan abon ikan dan bakso ikan. Pesertanya berasal dari ibu-ibu rumah tangga dari Desa Latuhalat tepatnya Dusun Waimahu, Dusun Omputty dan Dusun Analu sebanyak 10 orang. 10 orang peserta lagi berasal dari Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Pelatihan berlangsung selama empat hari, di bawah bimbingan pelatih Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan, dan di bawah pendampingan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BP3) Ambon melalui dua orang Supervisor yaitu Fiona Nikyuluw dan Agussalim.

Praktek membuat bakso ikanPelatihan ini dibuka oleh Agussalim, S.Pi mewakili BPPP Ambon selaku supervisor pelatihan. dalam sambutannya dia menyampaikan apresiasi yang besar terhadap Farida Matatula dan stafnya di P2MKP Fajar Latuhalat atas upaya yang serius membangun sarana dan prasarana pelatihannya. Agussalim juga memberi motivasi para peserta dengan mengatakan bahwa setiap orang dilahirkan di atas tambang emasnya, sisa dikenali keberadaannya, dan tambang emas masyarakat Maluku adalah laut dan perikanan, sisa digali dengan pengetahuan dan keterampilan dengan ulet dan pantang menyerah.

Foto dengan produk hasil praktekPelatihan berlangsung selama empat hari yang diikuti dengan sangat antusias oleh dua puluh orang peserta. Hasil praktek dikemas dalam kemasan yang memnuhi syarat higienis (menggunakan vacum/sealer). Abon ikan dan bakso ikan sebagai hasil diversifikasi olehan ikan berhasil diproduksi oleh para peserta. para peserta membuat rencana tindak lanjut pada akhir pelatihan seperti membuat olahan bakso dan abon bersama kelompoknya untuk dikonsumsi keluarga dan dipasarkan di Kota Ambon.

Pelatihan secara resmi ditutup oleh Fiona Nikyuluw, S.Pi, M.Si (Instruktur BPPP Ambon) selaku yang mewakili BPPP Ambon. Dalam sambutannya Viona menyampaikan apresiasi kepada P2MKP Fajar di bawah kepemimpinan Farida Matatula yang terus berusaha membangun SDM di Latuhalat dan Kota Ambon. Viona juga memberi selamat kepada para peserta sekaligus memberi motivasi agar terus mengembangkan usaha pengolahan hasil-hasil perikanan yang melimpah di Kota Ambon.

Baca Juga

Sosialisasi Gratifikasi dan Benturan Kepentingan (Conflict of Interest) kepada pihak Eksternal BPPP Ambon

Dalam upaya Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *