Home » Berita » BPPP Ambon Bersinergi dengan P2MKP Ikeni Stressno Karamba Melatih Budidaya Ikan Kerapu Macan bagi Masyarakat Kota Kendari

BPPP Ambon Bersinergi dengan P2MKP Ikeni Stressno Karamba Melatih Budidaya Ikan Kerapu Macan bagi Masyarakat Kota Kendari

Budidaya pada KJA Ikeni StressnoUntuk ke tujuh kalinya BPPP Ambon dan P2MKP Ikeni Stressno Karamba melaksanakan Pelatihan Budidaya Pembesaran Ikan Kerapu Macan pada KJA pada tanggal 26 s.d. 29 Maret 2013. Seperti pelatihan angkatan sebelumnya peserta kali ini juga berjumlah 10 orang pelaku pemula yang berasal dari Kec. Abeli Kota Kendari dengan tujuan pelatihan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pembudidaya. Dengan demikian, P2MKP Ikeni Stressno karamba sampai saat ini telah melatih 7 angkatan (70 orang) yang terlatih dan kompeten dalam bidang pembesaran ikan kerapu macan umumnya dan khususnya dalam :  Pemeliharaan Benih, Penebaran Benih, Pemberian Pakan Alami, Dosis Pakan Alami, Perbaikan Jaring, Pembersihan Jaring, Pemanenan Selektif dan Pemanenan Total.

Wijaya Lasorea, pengelola Ikeni Stressno Karamba mengatakan bahwa asal muasal nama kelompok ‘Ikeni Stressno Karamba’ sendiri terinspirasi dari ide untuk membangun sebuah karamba yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan stress, atau dalam bahasa Inggris no stress yang dibalik menjadi stressno. Harapannya karamba ini dapat dijadikan sumber mata pencaharian anggota kelompok dan selanjutnya dapat mensejahterakan kehidupan mereka. Sebagai seorang anak negeri suku Tolaki, Lasorea melihat potensi sumberdaya alam perairan serta besarnya peluang pengembangan budidaya ikan komoditas unggulan seperti kerapu dan bubara (kuwe) di perairan Kendari dan sekitarnya. Dia berupaya mengubah pemikiran masyarakat untuk mulai melihat laut sebagai ladang usaha yang sangat potensial dan beromset besar, dan hal itu berusaha dia buktikan melalui Ikeni Stressno Karamba.

Belajar di Atas Karamba

Pada tahun 2012, kelompok Ikeni Stressno Karamba diketahui keberadaannya oleh para pelatih BPPP Ambon yangsedang mengadakan pelatihan di Kota Kendari. Selanjutnya kelompok ini terpilih menjadi salah satu Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) di bawah bimbingan BPPP Ambon, sekaligus sebagai mitra untuk pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan di Kecamatan Abeli Kota Kendari dan sekitarnya.

Budidaya pada KJASetiap pelatihan di P2MKP Ikeni Stressno Karamba senantiasa didampingi para supervisor dari BPPP Ambon. Pada pelatihan kali ini supervisornya adalah Rachmawati Umasugi, S.Pi, M.Si. Peserta pelatihan adalah pembudidaya dari Kecamatan Abeli tepatnya dari Kelurahan Bungkutoko, Kelurahan Mata dan Kelurahan Patoaha yang merupakan kelurahan pesisir yang dekat dengan P2MKP Ikeni Stressno Karamba. Penyelenggaraan pelatihan ini diharapkan akan mendongkrak usaha pembudidaya antara lain budidaya ikan kerapu dan ikan kuwe. Menurut Rachmawati, kedepannya para purnawidya tersebut dapat mengeksploitasi kemampuan dan kompetensi mereka dalam usaha budidaya sehingga tujuan untuk mensejahterakan pembudidaya dapat tercapai sekaligus mendukung blue economy yang sedang digalakkan oleh kementerian Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga

Pelatihan Pariwisata Berkelanjutan di Tobololo Kota Ternate

Sabtu 20 Juli 2019, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan sukses menyelenggarakan sebuah pelatihan jenis baru …

One comment

  1. agus_dsanga@yahoo.co.id'

    wah beritanya mantap… semoga P2MKP IOkeni Stressno lebih banyak membuat orang-orang sembuh dari stressnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Layanan Online BPPP AMBON!

Klik staf Layanan kami di bawah untuk Chat di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Chat BP3 AMBON